Organisasi

by 06:08 0 comments
TEORI ORGANISASI UMUM 2
Tugas Kedua



NAMA           : Nur Aini Fauziyyah
NPM               : 18114130
KELAS          : 2KA28



PTA 2015/2016
UNIVERSITAS GUNADARMA

Pengertian Organisasi

Secara umum Organisasi adalah wadah atau tempat dimana dilakukan kegiatan manajerial atau “Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan”

Menurut FX. Soedjadi menyatakan bahwa yang di,aksud dengan organisasi adalah sekelompok manusia yang dipersatukan dalam satu kerja sama ynag berdaya guna untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Menurut Ralph Currier Davis (1894 – 1962) mengatakan bahwa organisasi adalah suatu kelompo orng yang sedang bekerja kearah tujuan bersama dibawah kepemimpinan.
Berdasarkan uraian diatas,bahwa organisasi dapat dipandang sebagai organisasi yang bersifat stasis (wadah atau tempatnya) dan organisasi yang bersifat dinamis (kinerjanya).

Ciri–ciri Organisasi :
Ø  Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
Ø  Dikembangkan untuk mencapai tujuan.
Ø  Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun.
Ø  Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

Ciri-ciri Organisasi Modern :
Ø  Organisasi bertambah besar
Ø  Pengolahan data semakin cepat
Ø  Penggunaan staf lebih intensif
Ø  Kecendrungan spesialisasi
Ø  Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
Ø  Unsur-unsur organisasi lebih lengkap

Unsur-unsur Organisasi Modern :
Ø  Manusia(Man)
Ø  Kerjasama
Ø  Tujuan Bersama
Ø  Peralatan (Equipment)
Ø  Lingkungan
Ø  Kekayaan alam
Ø  Kerangka/Konstruksi Mental Organisasi

Teori Organisasi

TEORI ORGANISASI KLASIK
Teori ini biasa disebut dengan “teori tradisional” atau disebut juga “teori mesin”. Berkembang mulai 1800-an (abad 19). Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas.

Definisi Organisasi menurut Teori Klasik:
“Organisasi merupakan struktur hubungan, kekuasaan-kejuasaan, tujuan-tujuan, peranan-
peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan factor-faktor lain apabila orang bekerja sama.”

Teori Organisasi klasik sepenuhnya menguraikan anatomi organisasi formal. Empat unsure pokok yang selalu muncul dalam organisasi formal:
Ø  Sistem kegiatan yang terkoordinasi
Ø  Kelompok orang
Ø  Kerjasama
Ø  Kekuasaan & Kepemimpinan

TEORI NEOKLASIK

Aliran yang berikutnya muncul adalah aliran Neoklasik disebut juga Hubungan manusiawi”. Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik. Teori ini menekankan pada “pentingnya aspek  psikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”.

HUGO MUNSTERBERG
            Salah tokoh neoklasik pencetus “Psikologi Industri”. Hugo menulis sebuah buku “Psychology and Industrial Effeciency” tahun 1913. Buku tersebut merupakan jembatan antara manajemen ilmiah dan neoklasik. Inti dari pandangan Hugo adalah menekankan adanya perbedaan karekteristik individu dalam organisasi dan mengingatkan adannya pengaruh factor social dan budaya terhadap organisasi.
            Munculnya teori neoklasik diawali dengan inspirasi percobaan yang dilakukan di Pabrik Howthorne tahun 1924 milik perusahaan Western Elektric di Cicero yang disponsori oleh Lembaga Riset Nasional Amerika. Percobaan yang dilakukan ELTON MAYO seorang riset dari Western Electric menyimpulkan bahwa pentingnya memperhatikan insentif upah dan Kondisi kerja karyawan dipandang sebagai factor penting peningkatan produktifitas.
Dalam pembagian kerja Neoklasik memandang perlunya:
Ø  Partisipasi
Ø  Perluasan kerja
Ø  Manajemen bottom_up

TEORI MODERN

Teori ini muncul pada tahun 1950 sebagai akibat ketidakpuasan dua teori sebelumnya yaitu klasik dan neoklasik. Teori Modern sering disebut dengan teori “Analiasa Sistem” atau “Teori Terbuka” yang memadukan antara teori klasik dan neokalsi. Teori Organisasi Modern melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai satu kesatuan yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan. Organisasi bukan system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkunngan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Pendapat saya mengenai organisasi

Menurut saya Organisasi adalah wadah sekumpulan seseorang yang mempunyai tujuan yang sama. Organisasi yang baik mempunyai komunikasi dan interaksi dua arah antara pemimpin dan karyawan. Organisasi yang baik juga mempunyai strukrur organisasi dan peraturan ynag dibuat atas kesepakatan bersama sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Bentuk organisasi yang baik adalah organisasi garis dan staff, dimana adanya seorang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi nasihat dan saran. Organisasi yang baik juga harus mempunyai prinsip-prinsip organisasi yang bertujuan agar suatu organisasi berjalan dengan baik. Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan sebagai pedoman sebagai berikut, Pertama spesialisasi kegiatan, Kedua stadarisasi kegiatan dan yang terakhir kordinasi kegiatan.

Referensi

ATA 2014/2015 – M1/IT-011232/NICKY/03-2015

Effendi Usman (2014), Asas Manajemen, Jakarta : Penerbit PT. RajaGraffindo Persada



Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments:

Post a Comment